Tuesday, May 10, 2016

Alasan Betapa Pentingnya Asuransi Kesehatan


Written by Nikmatullah Zuhri

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi kita semua. Dengan tubuh yang sehat, kita akan lebih leluasa beraktivitas dan mengerjakan berbagai hal. Bonusnya kita terhindar dari pengeluaran yang besar karena apabila kita sakit terkadang bisa memakan biaya yang sangat besar.

Sakit tidak dapat di prediksi dan bisa datang kapan saja. Bila sakit, hal yang selalu menganggu pikiran tentu biaya. Ini dikarenakan biaya rumah sakit kian hari kian mahal. Bisa saja seluruh keuangan kita dikeruk habis jika rawat inap dalam jangka waktu panjang.

Agar keuangan Anda tidak tergerus untuk membayar biaya rumah sakit, memiliki asuransi kesehatan bisa menjadi solusi. Pada dasarnya, asuransi kesehatan berguna untuk mengganti nilai kerugian finansial ketika kita sakit. Perusahaan asuransi akan mengganti hampir semua kebutuhan dana berobat apabila Anda memiliki asuransi kesehatan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir menghitung dana yang keluar dari kantong kalau tiba-tiba sakit. Rasa khawatir akan tak tersedianya dana jika sakit pun bisa berkurang. Anda juga semakin bisa fokus pada proses penyembuhan. Inilah pentingnya asuransi kesehatan bagi seseorang.

Asuransi kesehatan adalah pengganti kerugian keuangan untuk biaya kita berobat. Oleh sebab itu, diperlukan memilih sesuai kebutuhan dan membeli polis ketika masih muda atau dalam kondisi sehat. Preminya sangat tergantung kondisi kesehatan.

Lantaran asuransi kesehatan begitu penting, ada banyak perencana keuangan yang menyarankan agar setiap orang punya asuransi kesehatan. Caranya, dengan membuat alokasi minimal 5% hingga 10% dari pendapatan untuk asuransi kesehatan.

Pemerintah juga sadar akan pentinya asuransi kesehatan. Melalui Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004, pemerintah mewajibkan tiap warga negara menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Bisa dikatakan memiliki asuransi kesehatan itu hukumnya wajib. Asuransi jiwa hanya memberi tanggungan kepada pencari nafkah, sementara semua anggota keluarga sangat mungkin jatuh sakit. Setidaknya memiliki BPJS Kesehatan.

Namun, bagi Anda yang memiliki dana lebih, sebaiknya membeli asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi komersial guna melengkapi BPJS Kesehatan. Terutama, jika menginginkan manfaat yang lebih besar dari BPJS Kesehatan sesuai dengan kebutuhan.

Kecepatan, kemudahan, praktis, dan fleksibilitas bisa menjadi pertimbangan ketika ketika membeli asuransi kesehatan komersial. Jika menggunakan produk dari asuransi komersial, bisa langsung datang ke rumah sakit serta memilih kamar yang memiliki pelayanan dan kenyamanan khusus

Sumber: http://finansiala.com/2016/02/alasan-betapa-pentingnya-asuransi-kesehatan/

No comments:

Post a Comment